- LATAR BELAKANG
Pada dasarnya, era transformasi dan informasi yang melanda dunia dewasa ini telah memacu manusia untuk menggali dan mengembangkan segala potensi hidupnya yang semakin kompetitif. Upaya penggalian dan pengembangan potensi (sumber daya manusia) ini ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan masa sekarang dan mengantisipasi secara preventif kebutuhan-kebutuhan di masa depan. Dalam konteks ini, keberadaan era reformasi tidak dapat dilepaskan dari kehadiran media atau saluran informasi, bahkan hal itu merupakan hal yang sangat substansial sehingga sangatlah wajar apabila ada ungkapan mengatakan “Agar mampu menguasai dunia, kuasai dulu saluran informasinya”.
Disamping itu dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional, khususnya untuk menjadikan peserta didik yang berbudi pekerti luhur, beriman, bertaqwa serta terampil diberbagai hal. Terampil dalam belajar, terampil dalam berkreasi serta mempunyai daya nalar, daya pikir dan daya cipta yang bersumber dari diri dalam peserta didik, sehingga siswa mampu mengembangkan dirinya ke arah yang lebih maju. Maka kegiatan ekstrakurikuler majalah dinding merupakan salah satu kegiatan yang akan dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang tepat pada perkembangan siswa di era transformasi dan informasi ini, serta era di masa yang akan datang. Dengan berbekal pengetahuan pengalaman dan keterampilan yang dimiliki siswa melalui ekstrakulikuler majalah dinding terutama dalam keterampilan menulis, mengelola sebuah media massa, membuat, mencari bahan yang akan disajikan dengan penuh kreativitas serta pengalaman lainya. Semua ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi siswa, serta dapat dikembangkan dikemudian hari baik bagi dirinya maupun untuk orang lain.
Majalah dinding adalah sebuah media komunikasi dan sarana informasi di antara pelajar, guru dengan siswa, semua warga sekolah, atau pun siswa dengan lingkungan di luar sekolah. Majalah dinding pun dapat dijadikan sebagai sarana efektif untuk menampung karya siswa dalam menulis, mengungkapkan ide serta gagasan, serta mampu untuk mempublikasikannya. Selain itu ekstrakulikuler majalah dindingpun mampu menampung bakat dan minat siswa dalam kreativitas lainnya seperti melukis, menggambar, mendekorasi, dsb .Demi tercapainya apa yang diharapkan dari terlaksananya ekstrakulikuler majalah dinding di atas, maka perlu disusun suatu program kerja ekstrakulikuler majalah dinding yang berisi rencana kerja, rencana kegiatan , dan pengajuan anggaran yang diharapkan sesuai dan sejalan dengan program OSIS . Program ekstra majalah dinding ini akan dijadikan sebagai suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler selama satu tahun.
- LANDASAN
Untuk melaksanakan suatu kegiatan baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, maka perlu adanya landasan. Adapun landasan dalam penyusunan program kerja ini adalah :
- Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 tentang program pengembangan pendidikan
nasional tahun 2000-2004
- SK Dirjen Dikdasmen No. 22/C/Kep/0/92, tentang Petunjuk Pelaksanaan OSIS.
- Kalender Pendidikan Tahun 2011-2012
III. TUJUAN
Adapun tujuan ekstrakulikuler majalah dinding antara lain:
- Menyediakan fasilitas untuk menumbuhkan lifeskill(kecakapan hidup) bagi siswa.
- Menampung bakat dan minat siswa dalam kegiatan tulis menulis baik fiksi
maupun non fiksi.
- Menumbuhkan rasa cinta dan sikap menghargai dengan berbagi informasi.
- Melatih siswa untuk trampil menulis dan berani mempopulerkan tulisannya.
- Sebagai media saling bertukar informasi melalui tulisan dan kreasi lainnya.
Adapun tujuan disusunnya program kerja majalah dinding adalah:
- Untuk meletakkan landasan kerja yang tertib.
- Untuk memberikan arah dalam kegiatan ekstra Majalah Dinding.
- Untuk menunjang kelancaran, efektivitas, efisiensi dan koordinasi kerja dalam kegiatan
Posting Komentar